Thursday 4 April 2013

NAMA NAMA DINOSAUR




Deinonychus
Deinonychus memiliki cakar bengkok yang panjang dan tajam pada tangannya. Pemakan daging ini, dengan panjang kira-kira 3 meter,menangkap dan merobek kulit dan daging korbannya. Deinonychus juga memiliki cakar bengkok besar, sebesar tanganmu, pada jari kedua di setiap kakinya. Cakar ini bisa menendang danh menebas seperti sebuah pisau runcing untuk menyayat mangsanya.

Plateosaurus
Dinosaurus pertama pemakan tumbuhan termasuk kelompok prosauropoda. Plateosaurusadalah prosauropoda yang unik. Lehernya panjang dan kepalanya kecil. Mungkin, ciri-ciri terpenting adalah badannya yang besar. Dibandingkan dinosaurus pemakan daging, pemakan tumbuhan memerlukan usus yang lebih besar untuk mencerna makanannya. Usus prosauropoda yang besar meyebabkan tulang pinggulnya tertarik ke depan, sehingga pemakaian kaki belakangnya menjadi tidak seimbang. Dengan demikian, kelompok prosauropoda menjadi dinosaurus bekaki empat yang pertama dalam sejarah.

Hypsilophodon
Dari kejauhan, ornithopoda kecil agak mirip dinosaurus pemakan daging kecil. Namun demikian, ada perbedaan penting. Mereka mempunyai tubuh yang lebih besar untuk membawa usus pencerna tumbuhan, kepalanya berparuh dan ada kantong pipi. Lengan-lengannya juga berbeda karena mempunyai empat atua lima cakar, sedangkan dinosauruspemakan daging hanya mempunyai dua atau tiga jari. Ciri-ciri itu sudah cukup membedakan, jauh lebih sederhana daripada ciri-ciri dinosaurus pemakan daging.    

 Archaeopteryx
Fosil Archaeopteryx, burung pertama, yang berasal dari akhir zaman Jurassic ditemukan di Jerman pada tahun 1877. Jika di fosil tidak ada jejak bulu, kerangka itu dikira seekor dinosaurus karena memiliki rahang yang ada giginya, tangan yang bercakar, dan berekor panjang. Selain berevolusi menjadi burung seperti sekarang ini, kemungkinan beberapa nenek moyangArchaeopteryx kehilangan kemampuan terbang mereka dan berkembang menjadi dromaeosaurida dan dinosaurus pemakan daging yang lain dari zaman Cretaceous. Tentu saja, merka berkerabat satu sama lain.

 Stegoceras
Stegoceras adalah pachycephalosaurida terlengkap yang diketahui. Tulang kepalanya yang berat dan kekuatan lehernya mungkin memberikan perlindungan yang sangat mengagumkan. Tampaknya, mereka hidup dalam kawanan. Stegocerasjantan dewasa bertarung dengan jantan yang lain untuk menjadi pemimpin kawanan dan yang terkuat akan mengawini Stegoceras betina

Troodon
Troodon adalah salah satu dari kelompok maniratoran, meskipuntidak sungguh-sungguh meyerupai burung, seperti dromaeosaurida. Pemakan daging kecil yang berasal dari akhir zaman Cretaceous ini, panjangnya 2,5 meter dan mungkin sudah berbulu.

Dilophosaurus
Semasa hidupnya,Dilophosaurus mungkin tampak mempesona. Sangat mungkin bahwa jengger-jenggernya, khususnya yang berwarna, berguna untuk menakut-nakuti dan menarik pasangannya dari jarak jauh. Sisa-sisa dari binatang itu, sepertinya juga mempunyai warna-warna cerah untuk mendukung tanda-tanda yang ditunjukkan oleh jengger. Kemungkinan, berupa semacam sirip kulit berwarna cerah  di bawah dagu, seperti kadal-kadal zaman sekarang , atau sebagai hiasan.  

Ophthalmosaurus
Perenang Jurassic ini tampangnya seperti lumba-lumba modern. Panjangnya 5 meter, dan tengkoraknya 1 meter. Makanannya juga ikan dan cumi-cumi. Matanya besar, hingga munkin mereka bisa berburu pada malam hari.

Cryptoclidus
Predator air ini biasanya berburu sendirian. makanannya ikan dan cumi-cumi. Cryptoclidus muncul pada akhir Jurassic, hidup antara 165-150 juta tahun yang lalu. Dengan panjang tubuh 8 meter, leher Cryptoclidus panjangnya 2 meter. Tengkoraknya 60 centimeter dan beratnya bisa sampai 8 ton


*
 Liopleurodon
Reptil raksasa penghuni laut ini hidup selama Periode Jurassic, 165-150 juta tahun yang lalu. Dengan panjang tubuh 25 meter, Liopleurodon mempunyai 4 sirip, masing-masing panjangnya lebih dari 3 meter. Tengkorak makhluk laut ini panjangnya 5 meter dan giginya sangat tajam! Dengan ukurannya itu, tak heran Liopleurodon adalah karnivor

Euoplocephalus
Ankylosaurida yang terkenal adalah Euoplocephalus. Panjang hewan ini 5 meter dan hidup sedikit lebih dulu dibandingkan Ankylosaurus di Alberta, Kanada. Punggungnya dilapisi tameng yang berat dan kepalanya dilindungi tameng kotak. Bahkan, kelopak matanya ditutupi perisai dan dapat tertutup seperti daun jendela kapal perang ketika bahaya mendekat. Euoplocephalus memakai ekor pemukulnya yang kuat untuk menola serangan bahkan dari predator yng paling menakutkan seperti Tyrannosaurus rex ini.  

Eoraptor
Eoraptor ukurannya sebesar rubah. Seperti semua dinosaurus sesudahnya,Eoraptor berjalan tegak dengan kaki menyangga tubuhnya. Hal itu membuat Eoraptor menjadi binatang yang larinya lebih cepat daripada reptil-reptil lain yang berjalan dengan kaki di samping.

Giganotosaurus
Giganotosaurus, pemakan daging yang besar, tampaknya masih berkerabat dekat dengan Carcharodontosaurus, sekalipun ia hidup di Amerika Selatan yang terpisah pada akhir zaman Cretaceous. Sepertinya, di bagian awal zaman Cretaceous, sebelum benua-benua terpisah oleh lautan, nenek moyang binatang ini telah menjelajah seluruh dunia. Setelah benua-benua tepisah, Giganotosaurus mulai berevolusi secara terpisah.  

Carchrodontosaurus
Carcharodontosaurus yang masih berkerabat denganAllosaurus zaman Jurassic berasal dari Maroko, Afrika. Fosli-fosilCarcharodontosautrusditemukan pertama kali oleh sebuah ekspedisi Jerman pada tahun 1925. Namun, fosil-fosil itu hancur saat museumnya dibom selama Perang Dunia 2. Demikian juga fosil-fosil Spinosaurus yang ditemukan pada ekspedisi yang sama. Ketika pada tahun 1990-an ditemukan fosil lebih banyak lagi, para ahli paleontolgi baru menyadari bahwa Carcharodontosaurus ternyata raksasa yang panjangnya 15 meter.

Segnosaurus
Sama seperti kelompoknya,Segnosaurus mempunyai kepala yang relatif kecil dan kaki belakang yang pendek untuk menopang tubuhnya yang berat. Tulang belakang yang melengkung membuatnya tampak bungkuk. Mungkin,ciri yang paling mengejutkan adalah cakar yang sangat besar seperti sabit di tangannya. Pada satu segnosaurida,Beipiaosaurus (ditemukan tahun 1999), terdapat sisa-sisa bulu halus di seputar lengan. Dengan panjang 6 meter, Beipiaosaurus adalah dinosaurus berbulu terbesar yang terkenal. Seperti kebanyakan dinosaurus mirip burung, segnosaurida kemungkinan diselimuti semacam bulu burung

Spinosaurus
Spinosaurus digali di Mesir pada tahun 1915. Sayang, sisa-sisanya dihancurkan ketika meseumnya di Jerman dibom saat Perang Dunia 2. Kita hanya mengetahui bahwaSpinosaurus sama besarnya dengan Tyrannosaurus dan memiliki sirip di punggung yang tingginya hampir 2 meter. Sirip-sirip itu kemungkinan dipakai untuk mendinginkan diri saat cuaca panas. Pada tahun 1999, sebuah ekspedisi Amerika menemukan kerangkanya yang asli di Mesir. Tim itu juga berharap dapat menemukan kerangka-kerangka baru pada masa datang.

irritator
Diberi nama Irritator karena keadaan yang membingungkan saat sisa binatang itu ditemukan. Tengkoraknya - merupakan temuan keseluruhan bintang ini - dikumpulkan di Brazil pada tahun 1990-an dan dikirim ke museum di Stuttgart, Jerman. Namun, pegawai museum terkejut. Mereka yang menggali dan menjualnya ke museum telah menambahkan potongan-potongan pada kerangka Irrtatordan menyatukannya dengan bahan pengisi badan mobil, sehingga menjadi lebih spektakuler. Sekarang, kia memiliki gambaran yang tepat. Kita dapat mengatakan bahwa kerangka itu adalah spinosaurida kecil.

No comments:

Post a Comment